Kamis, 11 Februari 2010

TUGAS KELOMPOK:>> BAGIAN KE-2
GAMES

Pada perkuliahan psi. pendidikan yaitu tepatnya pada hari rabu, 10feb2010, dikelas kami melakukan games dimana awalnya kami diberikan empat buah kertas putih kosong dan kamidi beri instruksi untuk membuat gambar kapl sebanyak-banyaknya dengan syarat kapal itu harus mempunyai tiga komponen utama yaitu badan, tiang, dan layar kapal. Setelah itu kami diberi masing-masing sebuah tusuk sate yang diujungnya telah diberi gambar atau replika dari binatang. Dan selanjutnya kami diberi instruksi lagi untuk membuat sebuah kalimat, di kertas putih yang diberikan tadi, yang didalamnya terdapat nama binatang yang masing-masing kami pegang dan jumlah kapal yang kami buat masing-masing lalu hasil kalimatnya adalah sebagai berikut:
- Ada 3 kapal nelayan yang sedang berlayar untuk menangkap ikan ( Sri Rahmi )
- Ada 10 ikan yang sedang berenang untuk mencari makan disungai ( Jelita )
- Ada 12 ekor burung yang dipelihara oleh paman saya dihalaman belakang rumahnya (Aisyah )
- Pada bulan ke-8,ayam-ayam paman samat menetas ( Hijri )

Dari kalimat ini kami di beri instruksi lagi untuk membuat suatu karangan yang didalamnya terdapat kalimat-kalimat yang kami buat tadi dan hasilnya adalah:

Paman saya, Pak Samat , adalah seorang pecinta binatang yang pekerjaannya sebagai seorang nelayan di sungai kapuas. Suatu hari, Paman saya mengajak saya ke sungai kapuas tersebut.Disana ada 3 kapal nelayan yang sedang berlayar untuk menangkap ikan. Kemudian saya melihat kearah sungai ada 10 ikan yang sedang berenang untuk mencari makan disungai. Lalu saya memberitahu paman saya dan Ia menebarkan jaringnya. Ternyata tidak hanya ikan yang terperangkap di jaring, tetapi udang kam dapatkan. Sepulang berlayar, kami menuju rumah paman samat. Ada 12 ekor burung yang dipelihara oleh paman saya dihalaman belakang rumahnya. Dan ada juga beberapa ekor ayam. Kata paman, diperkirakan pada bulan ke-8,ayam-ayam paman samat menetas.

Setelah selesai membuat kalimat kami diberi instruksi lagi untuk mempresentasikan hasil karangan kami didepan kelas dan melakukan proses tanya jawab yang seru dan menyenangkan mungkin ini dikarenakan teman-teman yang lain semangat dan gembira sehingga suasana diskusinya sangat asyik. Mereka memberikan tanggapan yang positif dan sangat antusias. begitu selanjutnya untuk kelompok-kelompok berikutnya.

Kesimpulan yang bisa diambil dari games ini menurut kelompok-kelompok lain dan kelompok kami adalah:
- membantu kita untuk berimajinasi dan serta kreatif untuk membuat sesuatu yang baru
- kita harus berpikir logis untuk melihat suatu maslah atau cerita
- lebih menggunakan nalar
- saling menghargai pendapat orang
- harus jago ngeles
- memberiakn respon yang positif pada suatu hal yan dibuat orang lain
- melatih kemampuan berbicara dan mengeluarkanpendapat
- melatih kemampuan menulis cerita kita

Dan ini lah komentar dari masing-masing anggota kelompok kami:
- Seru juga nyambung-nyambungin cerita- cerita ga' jelas ini. Mengasah kreatifitas dan nalar, kalau kuliah diselingin dengan games seperti ini pasti seru. Lanjutkan! ( Aisyah )
- Baru kali ini ada games diperkuliahan. SERU. Mau lagi donk BU.. buat merefresh otak ( Sri Rahmi )
- hmmm... bakalan cinta nih sama psi. pendidikan. TOP!gamesnya seru. ( Hijri )
- kuliah pendidikan kali ini ASYIK. membuat saya semangat untuk kuliah. apalagi digames ini kita bisa menambah kreatifitas kita. Serta belajar suatu hal yang dikelas itu bukan harus monoton tentang teori dan dijelaskan, tetapi yang lebih bersifat praktek langsung. Pada perkuliahan ini dapat menunjukkan keaktifan mahasiswa dalam belajar dan ini lebih memaksa setiap mahasiswa untuk lebih berpikir.
( Jelita )

HIJRIATI MEUTIA 09-017
AISYAH GANA PUTRI 09-033
SRI RAHMI WAHYUNINGSIH HRP 09-053
JELITA KURNIA NINGSIH HRP 09-095

Tidak ada komentar:

Posting Komentar